Class merupakan struktur dasar dari OOP (Object Oriented
Language). Atau dapat juga diartikan sebagai suatu frame yang merupakan definisi yang memuat data dan metod pengolah
data. Jika di analogikan, class seperti
blue print suatu rumah. Dimana bukan rumah yang menjadi classnya. Rumah merupakan
objek yang merupakan turunan dari class tersebut.
2. Objek
Seperti telah disinggung sebelumnya, objek merupakan
instance/keturunan dari class. Instance merupakan representasi yang nyata dari
class itu sendiri. Objek juga dapat didefinisikan sebagai software yang berisi
sekumpulan variabel dan method yang berhubungan. Jika di analogikan, objek
dapat berupa rumah, manusia, mobil, dll.
3. Instantiate
Array merupakan sebuah variable tertentu yang memiliki suatu
nama sebagai identifier. Array harus dideklarasikan seperti layaknya sebuah
variabel. Setelah pendeklarasian, kita harus membuat array dan menentukan
berapa panjangnya dengan sebuah konstruktor. Proses ini di Java disebut sebagai
instantiation ( Kata dalam Java yang berarti membuat ). Untuk meng-instantiate
sebuah obyek, kita membutuhkan sebuah konstruktor.
4. Constructor
Constructor adalah jenis metod yang akan otomatis dipanggil
jika suatu objek dibuat. Construktor didefinisikan secara public dan namanya
sama dengan nama classnya. Constructor memiliki beberapa karakteristik,
diantaranya ; otomatis akan dieksekusi jika suatu objek class tersebut
diciptakan, didefinisikan dengan modifier public, sama dengan nama class, bisa
mengandung atau tidak parameter dan dapat didefinisikan lebih dari satu macam
definisi (biasanya ini yang terjadi).
5. Instant Variable
Dalam bahasa pemrograman berorientasi objek, objek menyimpan
variabel yang tidak dideklarasikan dengan kata kunci static dalam kategori
non-statis, atau dapat berubah-ubah. Suatu kelas dapat dijelmakan ke dalam
beberapa objek. Jika ingin bahwa atribut-atribut yang ada ialah unik untuk
setiap object, maka harus dideklarasikan sebagai Instance Variable. Nilai yang
terkandung dalam variabel tak-statis ini berbeda untuk setiap objeknya.
6. Instant Method
Sebuah method menjelaskan behaviour dari
sebuah object. Method juga dikenal sebagai fungsi atau prosedur. Karakteristik
dari method diantaranya ; mengembalikan nilai atau tidak sama sekali, dapat
diterima beberapa parameter, dan method yang telah selesai di eksekusi akan
kembali ke method yang memanggilnya.
7. Static Member Variable
Kelas
terdiri dari variabel dan subrutin yang disimpan di dalamnya. Subrutin adalah
kumpulan instruksi program yang digabungkan sehingga memiliki fungsi tertentu.
Dalam bahasa Java, setiap subrutin termasuk di dalam bagian suatu kelas atau
objek. Variabel dan subrutin ini disebut static member (anggota statis).
No comments:
Post a Comment