Compiere adalah salah satu
perangkat lunak ERP (Enterprise Resource Planning) yang teraplikasi dengan
solusi perangkat lunak CRM (Customer Relationship Management) yang terintegrasi
secara lengkap dan bersifat Open Source. Compiere yang merupakan perangkat
lunak ERP memberikan solusi bisnis dalam banyak hal, baik untuk perusahaan
kecil maupun perusahaan menengah dalam distribusi dan pelayanan yang berbasis
global dan mencakup semua area dari manajemen pelanggan (Customer Management)
sampai rantai persediaan untuk laporan akunting.
Compiere yang bersifat Open Source bertujuan
agar perusahaan baik perusahaan kecil maupun perusahaan menengah dapat
menggunakan perangkat lunak ini guna mendukung rancangan sistem mereka, dengan
biaya yang tidak mahal, karena Compiere bersifat gratis.
SALES ORDER
Sales Order merupakan modul untuk mengelola penjualan dari suatu pemesanan, dan Sales Order dikatakan memenuhi yaitu jika jumlah pesanan sama dengan jumlah yang dikirimkan dan juga jumlah faktur. Fasilitas untuk penjualan barang secara otomatis akan dibuat oleh sistem dengan sudah memperhitungkan kebutuhan material untuk masing-masing pelanggan.
SALES ORDER
Sales Order merupakan modul untuk mengelola penjualan dari suatu pemesanan, dan Sales Order dikatakan memenuhi yaitu jika jumlah pesanan sama dengan jumlah yang dikirimkan dan juga jumlah faktur. Fasilitas untuk penjualan barang secara otomatis akan dibuat oleh sistem dengan sudah memperhitungkan kebutuhan material untuk masing-masing pelanggan.
Sales
Orders pada Compiere terdiri dari
submenu Market Place, Sales Order, Quote Convert,
Reprice Order/Invoice, Generate PO from Sales Order, Reopen Order, Open Orders,
Order Transactions, Distribution List, Distribution Run, dan Subscription.
Berikut ini adalah bagan dari Sales
Orders pada Compiere.
Bagan Sales Orders |
Untuk mencari Sales Orders ketik “Sales Orders” pada kotak input yang berada di sebelah kanan bawah, kemudian tekan enter.
Menu Sales Orders |
Sales Orders terdiri dari modul-modul yang terintegrasi. Dari modul-modul tersebut
dapat diambil atau digunakan yang diperlukan saja oleh perusahaan, sesuai jenis
usaha ataupun keperluannya. Modul-modul tersebut yaitu :
1.
Market Place
Market place
merupakan modul untuk membantu mengelola pangsa pasar, yang biasanya digunakan
untuk perusahaan jika akan melelangkan produk-produknya. Modul ini terdiri dari
Bid Topic, Auction Seller, dan Auction Buyer.
-
Bid Topic
Bid Topic merupakan
modul untuk mengelola item untuk
suatu pelelangan dan melihat penawaran-penawaran yang diajukan oleh klien dalam
suatu pelelangan. Dalam modul ini tersedia informasi berapa dana yang disediakan
oleh para pembeli untuk suatu pelelangan.
-
Auction Seller
Auction Seller
merupakan modul untuk mengelola informasi mengenai para penjual. Penjual di
sini yaitu para pemakai di sistem ini yang ikut berpartisipasi dalam
pelelangan. Yang perlu diperhatikan adalah pemakai tidak selalu dari dalam
perusahaan (Internal), akan tetapi
dapat merupakan Business Partner dari
suatu perusahaan yang mengadakan pelelangan.
-
Auction Buyer
Auction Buyer
merupakan modul untuk mengelola informasi mengenai para pembeli yang ikut
berpartisipasi dalam pelelangan.
2.
Sales Order
Sales
Order merupakan modul untuk mengelola
penjualan dari suatu pemesanan. Sales
Order dikatakan memenuhi yaitu jika jumlah pesanan sama dengan jumlah yang
dikirimkan dan juga jumlah faktur. Mengenai Sales
Order ini akan dibahas lebih lanjut
3.
Distribution List
Modul ini untuk mengelola transaksi penjualan
untuk suatu perusahaan dengan frekuensi transaksi yang besar dengan pelayanan
yang cepat, efisien namun terkendali. Dalam modul ini ditetapkan besarnya
kuantitas minimum dari produk yang akan dibeli suatu perusahaan serta total
kuantitas dari barang yang akan dibeli suatu perusahaan tersebut. Dalam modul
ini perusahaan-perusahaan ditempatkan dalam suatu distribusi, beberapa
perusahaan dapat menempati daerah distribusi yang sama. Seperti contohnya
perusahaan a, b, dan c menempati daerah Distribusi
A, sedangkan perusahaan d, e, dan f menempati daerah Distribusi B. Modul ini hanya untuk menetapkan daerah-daerah
distribusi saja, prosesnya dilakukan melalui modul Distribution Run.
4.
Distribution Run
Modul ini digunakan untuk membuat suatu pesanan
untuk mendistribusikan produk kepada Business
Partner yang terdaftar pada modul Distribution
List. Laporannya dapat dijadikan satu untuk semua pengiriman kepada Business Partner yang berbeda ataupun
dapat dibuat terpisah.
5.
Subscription
Modul ini digunakan untuk langganan dari Business Partner untuk suatu produk.
Dalam modul ini tertera awal dan akhir tanggal berlaku, serta tanggal untuk
memperbaharui sebagai langganan. Jika masa aktif sudah habis dan tidak
diperbaharui maka pelayanan sebagai langganan tidak terdapat lagi, seperti
misalnya pada pengiriman produk.
No comments:
Post a Comment